Senin, 14 Maret 2011

Skenario Pembelajaran

SKENARIO MODEL PEMBELAJARAN KETERAMPILAN PROSES

Waktu                        : 07.30-09.00
Lokasi                         : kelas  X-1 SMA N 2 KISARAN

            Senyum manis mengawali langkah Pak Fawzi ketika memulai hari mengajarnya di kelas X-1 SMA N I Kisaran,  hari ini adalah minggu kedua tahun pelajaran yang baru. Senang rasanya hati pak Fawzi karena hari ini mulai belajar  setelah minggu kemarin puas berkenalan dengan anak-anak baru.
            Delapan langkah lagi pak Fawzi akan sampai di kelas X-1 dengan baju kemeja dan tas di bahu kirinya, dia tampak begitu berwibawah. Dan dia  pun sampai dikelas dan masuk kedalamnya dan duduk manis, dengan tenang dia memulai pelajarannya dengan model andalannya yaitu model pembelajaran Keterampilan Proses.

Pak Fawzi                 : selamat pagi anak-anak.........
Siswa                          : selamat pagi pak.......
            Semangat para siswa sangat besar, sehinnga menambah motivasi pak fawzi dalam memulai pembelajaran hari ini.
Pak fawzi                  : apa kabar kalian hari ni?
Siswa                          : baik pak.....
Pak fawzi                  : sudah siap memulai pelajaran hari ini??
Siswa                          : sudah pak......
Pak fawzi                 : kalau begitu buka buku kalian, hari ini kita mulai bab pertama yaitu  judulnya  Besaran. Tujuan kita mempelajari besaran adalah yang pertama memahami pengertian besaran, yang kedua mampu mengelompokkan antara besaran pokok dan besaran turunan dan yang ketiga adalah mampu Memecahkan masalah yang berkaitan dengan besaran pokok dan besaran turunan dalam kehidupan sehari-hari.
Para siswa mendengarkan dengan tekun apa yang di katakan oleh pak Fawzi.
Pak Fawzi                 : Besaran adalah  sifat-sifat dari suatu benda atau kejadian yang kita ukur dan dapat dinyatakan dengan angka, seperti panjang dari meja, massa dari suatu benda, atau lamanya waktu kita berjalan atau yang lainnya.
Para siswa mendengarkan pak fawzi menjelaskan
Pak fawzi                  : sudah mengerti anak-anak?
Siswa                          : sudah pak.....
Pak fawzi                 : kalau begitu bapak ingin kalian menjelaskan apa yang di maksud dengan besaranmenurut yang kalian pahami, dan apalagi yang termasuk besaran, ayo anak-anak angkat tangannya!!
Seorang siswa bernama siska mengangkat tangannya, dan pak fawzi mempersilahkannya.
Siska (siswa)             : kalau menurut saya pak, besaran adalah segala sesuatu yang dapat di ukur , dan besaran yang lain yang saya ketahui adalah suhu pak.......
Pak fawzi                  : bagus siska!!, jawabanmu betul sekali, pengertian besaran yang kamu sampaikan sangat bagus, dan suhu adalah besaran. Bagus..
                                    Berarti sudah ada empat besaran yang kita ketahui, ada lagi yang mau memberi pendapat???i
Kemudian andi mengangkat tangannya
Andi (siswa)             : jawaban saya hampir sama dengan jawaban siska pak, Cuma saya ingin menambah sedikit pak, boleh kan pak??
Pak fawzi                 : ya, tentu boleh nak..... silakan
Andi ( siswa)            : makasih pak, saya Cuma ingin nambahin kalau besaran adalah segala sesuatu yang dapat diukur dan memiliki satuan.  Kalau contoh besaran saya ada baca di buku, di situ di buat contoh nya, kuat arus dan intensitas cahaya
Pak fawzi                 : bagus andi, jawaban nya semakin bagus setelah kamu lengkapi. Ya betul kuat arus memang besaran.
Tiba-tiba silvi menangkat tangannya dan pak fawzi mempersilahkannya untuk bicara
Silvi (siswa)               : pak, kalau gaya, usaha dan energi itu termasuk besaran gak pak?
Pak fawzi                  : ya, gaya, usaha, dan energi adalah besaran       . hanya saja yang tiga ini berbeda dengan kelima besaran yang kita sebut tadi yakni panjang, massa, waktu, suhu dan kuat arus.
Anto(siswa)             : kok beda pak??
Pak fawzi                 : ya beda, nanti setelah bapak jelaskan tentang besaran pokok dsan besaran turunan kalian akan mengerti.
                                    Besaran itu ada dua anak-anak yaitu, besarn pokok dan besaran turunan.
                                    Besaran pokok adalah besaran yang satuannya telah terdefenisi terlebih dahulu, besaran pokok di dunia ini ada tujuh yakni, panjang,massa, waktu,  suhu, intensitas cahaya, kuat arus dan jumlah zat.
                                    Ada yang bisa menjelaskan kembali apa itu besaran pokok anak-anak??
Fikri (siswa) mengangkat tangan,
Fikri (siswa)               : besaran pokok  adalah besaran besaran yang tidak diturunkan dari besaran lain.
Pak fawzi                 : bagus nak, jawaban mu tepat sekali........
                                    Ada lagi anak-anak???
Semua anak-anak kelihatan diam tidak ada yang mengangkat tangan
Pak fawzi                  : kalau tidak ada yang menjawab kita lanjut saja ke besaran turunan, besaran turunan adalah besaran yang diturunkan dari besaran pokok,contohnya seperti yang disebutkan teman kalian tadi si silvi yaitu, gaya, usaha, dan energi dan masih banyak lagi besaran turunan
                                    Ada yang mau memjelaskan kembali apa itu besaran turuanan??
Dewi mengangkan tangannya
Dewi (siswa)            : besaran turunan itu adalah kombinasi  atau gabungan dari besara            n pokok, contoh lainnya adalah gaya, daya, kecepatan, percepatan.
Pak fawzi                 : bagus dewi! Bagus sekali jawaban mu......
                                    Jadi bapak harapkan kepada yang lain agar berani mngeluarkan suaranya seperti teman-teman kalian tadi, dan bapak harapkan kalian sudah bisa membedakan antara besaran pokok dan turunan.
                                    Sebaiknya kalian harus mencatat semua jawaban yang telah teman kalian sampaikan tadi, ok anak-anak?
Siswa                          : oke pak......
Para siswa segera menulisi catatannya, mereka terlihat mngingat kembali apa yang telah di jelaskan pak fawzi dan penjelasan dari teman –teman mereka.

Pak fawzi                    : kalau begitu bapak akan memberikan kalian Lembar Kerja Siswa atau sering kita sebut LKS, LKS ini berisi soal-soal yang akan menguji sejauh mana kalian memahami materi yang kita pelajari barusan.
Deni ( siswa)              : pak, soalny susah gak pak??
Pak Fawzi                   : kalau kalian menyimak pelajaran tadi kalian pasti dapat menjawabnya dengan mudah.
Semua siswa tersenyum.....
Pak fawzi                    : ketua kelas tolong bantu bapak membagi kan LKS ini ke teman-temanmu....
Rounded Rectangle: LEMBAR KERJA SISWA
BESARAN
1. Apa yang di maksud dengan besaran?
2. apa yang di maksud dengan besaran pokok dan sebutkan contohnya?
3. Apa yang di maksud dengan besaran turunan dan sebutkan contohnya?
Ketua kelas pun membagikan LKS kepad semua teman-temannya







Pak Fawzi                 : semuanya sudah dapat LKS??
Siswa                          : sudah pak....
Pak fawzi                  : kalau sudah, silahkan kerjakan waktu kalian 15 menit.
Deni ( siswa)                        : pak jawabannya di tulis dimana?
Pak fawzi                  : oh ya, anak-anak jawabannya ditulis d kertas selembar ya...
Jangan menyontek ya nak, kerjakan sendiri aja, kalau begitu sekarang sudah bisa di mulai........

Para siswa pun memulai pekerjaannya, sementara itu pak fawzi mulai mengawasi siwa-siswanya,,,,,
Waktu terus berjalan akhirnya pas 15 menit sudah berlalu.....
Pak fawzi                  : ya baiklah anak-anak! Waktu nya sudah habis, silahkan di kumpul lembar jawabannya, ketua kelas tolong bantu bapak mengumpulkannya
Siswa                          : baik pak.....
Ketua kelas pun mengumpulkan semua lembar jawaban, dan memberikannya kepada pak fawzi.
Pak fawzi                  : baiklah anak-anak semua lembar jawabannya sudah di kumpul
Jadi anak-anak siapa yang mau membacakan jawabannya sekaligus mnyimpulkan semua pembahasan kita untuk hari ini, ya silahkan satu orang angkat tangannya.
Fikri mngangkat tangannya dan pak fawzi menpersilahkannya....
Fikri ( siswa )             : baiklah pak saya akan mencoba menyimpulakan jawabannya
Besaran adalah  sifat-sifat dari suatu benda atau kejadian yang kita ukur dan dapat dinyatakan dengan angka.
Besaran pokok adalah besaran yang satuannya telah terdefenisi terlebih dahulu dan tidak diturunkan dari besaran lain.  Contohnya, panjang,massa, waktu,  suhu, intensitas cahaya, kuat arus dan jumlah zat.
besaran turunan adalah besaran yang diturunkan dari besaran pokok atau kombinasi dari besaran pokok, contohnya gaya, usaha, energi,  daya, dan banyak lagi.
Pak fawzi                  : bagus sekali fikri, itulah jawaban yang sebenarnya, terimakasih nak....
                                    Jadi anak-anak itulah kesimpulan pelajaran kita untuk hari ini, semua paham kan??
Siswa                          : paham pak...........
Pak fawzi                  : kalau begitu sampai disini dulu pertemuan kita hari ini, minggu depan kita bertemu lagi dengan topik satuan dan dimensi.
                                    Baiklah selamat pagi anak-anak.......
Siswa                         : selamat pagi pak.......




-                                   S E K I A N  -

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar