Sabtu, 02 April 2011

Pengertian Disain Pembelajaran

Reguluth (1983) → desain pembelajaran adalah kisi-kisi dari penerapan teori belajar untuk memfasilitasi proses belajar seseorang.
Rothwell & Kazanas (1992) merumuskan disain pembelajaran terkait dengan peningkatan mutu kinerja seseorang dan pengaruhnya bagi organisasi.
Reigeluth, 1983
Disain pembelajaran adalah kisi-kisi dari penerapan teori belajar dan pembelajaran untuk memfasilitasi proses belajar seseorang. Reigeluth membedakan disain pembelajaran dengan pengembangannya. Ia mengatakan bahwa pengembangan adalah penerapan kisi-kisi disain di lapangan. Kemudian setelah uji coba selesai, maka disain tersebut diperbaiki dan diperbaharui sesuai dengan masukan yang telah diperoleh. Reigeluth mengkaji disain dan pengembangan pembelajaran berdasarkan tinjauan atas teori belajar dan pembelajaran.

Rothwell & Kazanas, 1992
Rothwell dan Kazanas merumuskan disain pembelajaran terkait dengan peningkatan mutu kinerja seseorang dan pengaruhnya bagi organisasi. Bagi mereka, peningkatan kinerja berarti peningkatan kinerja organisasi. Disain pembelajaran melakukan hal tersebut melalui suatu model kinerja manusia. Rumusan Rothwell dan Kazanas ini bermanfaat jika disain pembelajaran diterapkan pada suatu pusat pelatihan di organisasi tertentu.

Gagne, Briggs, & Wager, 1992
Gagne mengembangkan konsep disain pembelajaran dengan menyatakan behwa disain pembelajaran membentu proses belajar seseorang, dimana proses belajar itu sendiri memiliki tahapan segera dan jangka panjang. Mereka percaya bahwa proses belajar terjadi karena adanya kondisi-kondisi belajar, internal maupun eksternal. Kondisi internal kesiapan dan kemampuan diri si pebelajar, sedangkan kondisi eksternal adalah pengaturan lingkungan yang didisain. Penyiapan kondisi belajar eksternal inilah yang disebut oleh mereka sebagai disain pembelajaran. Untuk itu, disain pembelajaran haruslah sistematis, dan menerapkan konsep pendekatan sisten agar berhasil menerapkan mutu kinerja seseorang. Mereka percaya bahwa proses belajar yang terjadi secara internal, dapat ditumbuhkan, diperkaya jika faktor ekternal, yaitu pembelajaran dapat didisain dengan efektif.

Gentry, 1994
Gentry membedakan antara disain dan pengembangan pembelajaran. Baginya, disain pembelajaran adalah suatu proses yang merumuskan dan menentukan tujuan pembelajaran, strategi, dan teknik, dan media agar tujuan umum tercapai. Gentry menguraikan bahwa suatu disain pembelajaran jika akan diterapkan memerlikan beberapa aspek yang mendukung pelaksanaan penerapan tersebut. Diantaranya adalah penerapan organisasi dan lembaga, pengolahan kegiatan terkait disain pembelajaran, serta pelaksanaan yang intensif dari prosedur analisis kebutuhan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar