Rabu, 20 April 2011

Tinjauan Tentang Laboratorium

Proses belajar mengajar adalah serangkaian kegiatan pendidikan yang dilaksanakan secara terkoordinasi oleh siswa dan guru. Untuk mencapai hasil yang optimal dalam pendidikan khususnya fisika dirasakan perlu adanya hubungan yang erat antara teori dan praktek. Dalam hubungan antara teori dan praktek inilah labolatorium sebagai bagian dari proses mengajar perlu mendapat perhatian.
Menurut Sarosa Purwadi (1979 : 1) : "Labolatonum adalah suatu tempat dimana pendidikan ilmiah-dilakukan."
Labolatorium dapat diartikan dalam segi :
Labolatorium merupakan tempat dimana dosen, mahasiswa, guru, murid dan orang lain melaksanakan kegiatan kerja ilmiah dalam rangka kegiatan belajar mengajar.
Dari segi hasil yang diperoleh, maka labolatorium dengan segala sarana dan prasarana yang dimiliki dapat merupakan pusat sumber belajar.
Dari pengertian labolatorium seperti dijelaskan diatas maka dapat dinyatakan fungsi labolatorium itu sebagai berikut :
1.  Memberikan kelengkapan bagi pelajaran teori yang telah diterima sehingga diantara teori dan praktek bukan merupakan dua hal yang terpisah melainkan saling terkait dan saling mendukung dalam mencapai hasil belajar yang optimal.
2. Memberikan keterampilan dalam menggunakan alat media yang tersedia untuk mencapai dan menemukan kebenaran.
Dari uraian diatas labolatorium adalah  suatu pendukung untuk mencapai hasil kerja yang optimal. Kegiatan labolatorium merupakan kegiatan yang tidak dapat dipisahkan dari pelajaran teori khususnya dalam proses belajar mengajar fisika. Dengan demikian labolatorium berfungsi sebagai tempat kegiatan penunjang kelas dan sebaiknya kelas merupakan penunjang dalam kegiatan labolatorium.
Dalam kegiatan labolatorium siswa diajak mempelajari konsep-konsep dalam situasi konkrit dengan menggunakan alat-alat yang sudah tersedia.
Harry Sukarman (1085 : 45), menyatakan : "Dengan menggunakan alat tertentu siswa akan aktif bekerja dan dari keasikannya menimbulkan rasa tertarik
untuk mempelajari lebih lanjut." Dengan adanya rasa tertarik dan siswa tersebut akan menimbulkan gairah dan mendorong keinginan untuk mempunyai suatu materi pelajaran demi peningkatan pengetahuan dan keterampilannnya.
Maka tujuan utama dalam kegiatan labolatorium pada sekolah menengah adalah:
1.         Membantu siswa untuk dapat lebih memahami konsep-konsep fisika
2.         Membantu siswa fisika untuk dapat lebih mengetahui cara-cara yang dipakai dalam fisika yaitu bahwa banyak konsep-konsep dan teori-teori yang disusun atas dasar hasil-hasil pekerjaan eksperimental.
3.    Memberikan keterampilan , keterampilan eksperimental terutama yang dapat meliputi perencanaan eksperimen, teknik pengukuran, analisis data, dan interprestasi hasil-hasil pengukuran.      I
Dari fungsi-fungsi labolatorium diatas maka labolatorium itu akan banyak menambah pengalaman guru tentang pendalaman materi pelajaran menurut Djahiri (1982) labolatorium berguna untuk :
a.         Memberikan kemudahan belajar dan mengajar bagi guru
b.         Memberikan variasi mengajar bagi para guru untuk peningkatan kemampuan guru
c.         Dapat membantu guru dalam mendekatkan duma teori atau konsep dengan realitanya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar